IKUTI
SEKILAS INFO
  • 7 bulan yang lalu / Selamat Datang Di Website Adhi Jaya Transindo
Pariwisata

Pariwisata

Oleh : admin - Kategori : Uncategorized
24
Sep 2020

Pariwisata atau turisme adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan, dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini. Seorang wisatawan atau turis adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80 km (50 mil) dari rumahnya dengan tujuan rekreasi, merupakan definisi oleh Organisasi Pariwisata Dunia.

Definisi yang lebih lengkap, turisme adalah industri jasa. Mereka menangani jasa mulai dari transportasi, jasa keramahan, tempat tinggal, makanan, minuman, dan jasa bersangkutan lainnya seperti bank, asuransi, keamanan, dll. Dan juga menawarkan tempat istrihat, budaya, pelarian, petualangan, dan pengalaman baru dan berbeda lainnya.
Banyak negara, bergantung banyak dari industri pariwisata ini sebagai sumber pajak dan pendapatan untuk perusahaan yang menjual jasa kepada wisatawan. Oleh karena itu pengembangan industri pariwisata ini adalah salah satu strategi yang dipakai oleh Organisasi Non-Pemerintah untuk mempromosikan wilayah tertentu sebagai daerah wisata untuk meningkatkan perdagangan melalui penjualan barang dan jasa kepada orang non-lokal.

Fungsi Biro Perjalanan Umum

Fungsi Biro Perjalanan Umum di bedakan dua fungsi yaitu:
1. Fungsi Umum
Dalam hal ini biro perjalanan merupakan suatu badan usaha yang dapat memberikan penerangan atau informasi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia perjalanan padaumumnya dan perjalanan wisata pada khususnya.

2. Fungsi khusus:
a. Biro perjalanan sebagai perantara.
Dalam kegiatannya ia bertindak atas nama perusahaan laindan menjual jasa-jasa perusahaan yang diwakilinya. Karena itu ia bertindak di antara            wisatawan danindustri wisata.
b. Biro perjalanan sebagai badan usaha yang merencanakan dan menyelenggarakan tour dengantanggung jawab dan resikonya sendiri.
c. Biro perjalanan sebagai pengorganisasi yaitu dalam menggiatkan usaha ia aktif menjalinkerjasama dengan perusahaan lain baik dalam dan luar negeri.     Fasilitas yang dimiliki di manfaatkansebagai dagangannya.


Ruang Lingkup Agen Perjalanan
1. Menjadi perantara pemesanan pemesanan tiket
2. Mengurus dokumen perjalanan
3. Menjadi perantara pemesanan akomodasi, restaurant, sarana wisata dll
4. Menjual paket wisata yang di buat oleh biro perjalanan umum

Fungsi Agen Perjalanan

1. Sebagai Perantara

a. Di daerah asal wisatawan
1. Melengkapai informasi bagi wisatawan
2. Memberikan advis bagi calon wisatawan
3. Menyediakan tiket
b. Di daerah tujuan
1. Memberi informasi bagi wisatawan.
2. Membantu reservasi
3. Menyediakan transportasi
4. Mengatur perencanaan
5. Menjual dan memesan tiket tanda mas
2. Sebagai organisator.
Karena travel agent sebagai perantara, maka ia berada di tengah-tengah industri pariwisata,maka perlu ada kontrak yang dibuat terlebih dulu. Selain itu itu harus ada perjanjian khusus yangmengatur hubungan kerja sehingga jelas tugas, kewajiban dan hak masing-masing pihak

Sehingga bagi wisatawan travel agent merupakan
1. Mendapatkan informasi tentang tujuan daerah wisata
2. Tempat meminta bantuan mengurus dokumen
3. Tempat wisatawan dimana dapat memesan tiket, hotel, angkutan wisata dll
4. Meminta bantuan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan perjalanan

Tour Operator
Adalah suatu perusahaan yang usaha kegiatannya merencanakan dan menyelenggarakan perjalanan untuk tujuan pariwisata atas inisiatif dan risiko sendiri dengan tujuan mengambil keuntungan darikegiatan tersebut.

a.     Agen perjalanan
Di luar negeri perusahaan perjalanan digolongkan kedalam dua kelompok besar, yaitu “Agent Perjalanan (Trave Agent)” dan “operator perjalanan (Tour Operator)”. Agen perjalanan sendiri dikenal dengan berbagai istilah seperti tour and travel services, travel services, travel bureau, atau tourist bureau. Sedangkan tour operator juga dikenal dengan istilah yang kegiatannya serupa tapi tidak sama: whole saler.

b.   
Biro Perjalanan wisata.
Jika diatas dijelaskan bahwa, fungsi utama suatu Agen Perjalanan Wisata adalah sebagai perantara dalam menjual produk perusahaan lain kepada wisatawan (konsumen), maka fungsi utama Biro Perjalanan Wisata justru sebaliknya yakni membuat produk dalam bentuk paket-paket wisata. Produk yang dimaksud dapat dijual oleh Biro Perjalanan Wisata yang bersangkutan kepada wisatawan (konsumen) atau dijual melalui Agen Perjalan Wisata.
0 Komentar

Data Perusahaan

PT. ADHI JAYA TRANSINDO

SIUP 9120012202286
TDUP S-11676KT/WPJ/KP.0703/2019
NPWP 93.828.100.3-014.000
Jl. Cikunir Raya No.35 A, RT.006/RW.003, Jaka Mulya, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17422

081288464936

081288464936

Paket Populer